Tidur Sore dan Manfaatnya Saat Berpuasa

aura.co.id | 25 April 2020 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah orang yang berpuasa kerap mengalami sakit kepala. Mulai dari intensitas rendah hingga tinggi. Semakin tinggi saat menjelang waktu berbuka puasa. Tentu rasanya sangat mengganggu. Salah-salah bisa memicu emosi atau bahkan amarah yang akan membuat nilai ibadah kita di bulan suci Ramadan berkurang.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa rata-rata sakit kepala bisa terjadi pada seseorang karena ia mengalami dehidrasi, kelaparan, kurang istirahat, dan akibat hipoglikemia atau penurunan gula darah. Perubahan pola tidur dan stres juga bisa menyebabkan suplai darah ke otak menurun.

Hasil studi juga menyebutkan, mereka yang punya riwayat sakit kepala di luar bulan Ramadan biasanya akan menderita sakit kepala yang parah saat Ramadan. Dan orang-orang tanpa riwayat sakit kepala, bisa seketika sakit kepala saat berpuasa di bulan Ramadan.

Karena sebab-sebab yang sudah diketahui inilah, sesungguhnya rasa sakit kepala saat berpuasa bisa dicegah. Seperti dilansir The News, Pakistan, sakit kepala selama puasa dapat dikelola dengan mudah dengan cara diet atau mengatur pola makan saat sahur dan berbuka.

Lakukan diet secara moderat dan seimbang. Cukupkan asupan air antara waktu berbuka hingga sahur dan makan secukupnya namun sedekat mungkin ke waktu imsak. Bagi yang biasa mengalami sakit kepala parah, sebutir paracetamol bisa diminum tepat sebelum mulai berpuasa.

Menghindari paparan sinar matahari juga bisa dilakukan. Misalnya, selalu keluar rumah dengan menggunakan penutup kepala. Kacamata hitam juga berguna untuk mengurangi efek silau dari matahari dan menghilangkan ketegangan seketika.

Bagi yang tidak mengalami perubahan berarti setelah melakukan serangkaian hal tersebut, tidur setelah pukul 3 sore bisa menjadi solusi terakhir. “Orang-orang yang sungguh menderita karena sakit kepala harus mencoba dua jam bed rest setiap hari setelah pukul 3 sore,” saran dokter Muhammad Haroon, asisten profesor di ICU Holy Family Hospital, Islamabad, Pakistan.

Bangun dari bed rest, sudah dekat dengan waktu berbuka, deh. Jadi tidak perlu sampai batal puasa, ya Ladies.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait